Secara sederhana, organisasi bisa diartikan sebagai
suatu alat atau wadah kerjasama untuk mencapai tujuan bersama dengan pola
tertentu yang perwujudannya memiliki kekayaan baik fisik maupun non fisik.
Sehingga bisa dimungkinkan terjadinya suatu konflik dalam sebuah organisasi
yang dikarenakan oleh adanya ketidakselarasan tujuan, perbedaan interpretasi
fakta, ketidaksepahaman yang disebabkan oleh ekspektasi perilaku dan
sebagainya.
Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat, karena memberikan kontribusi seperti pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerus. Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan seumur hidup. Akan tetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang konstan di dalam keanggotaan mereka, meskipun pada saat mereka menjadi anggota, orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara relatif teratur.
Manajemen dan Organisasi
Manajemen
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan, usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber dayasumber daya organisasi lainnya agar rnencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan".
Peranan Manajemen yang harus diperankan para Manajer :
A. Peran Interpersonal
Yaitu hubungan antara manajer dengan orang yang ada di sekelilingnya, meliputi :
1. Figurehead / Pemimpin Simbol
2. Leader / Pemimpin
3. Liaison / Penghubung
B. Peran Informasi
Adalah peran dalam mengatur informasi yang dimiliki baik yang berasal dari dalam maupun luar organisasi, meliputi :
1. Monitor / Pemantau
2. Disseminator / Penyebar
3. Spokeperson / Juru Bicara
C. Peran Pengambil Keputusan
Adalah peran dalam membuat keputusan baik yang ditentukan sendiri maupun yang dihasilkan bersama pihak lain, meliputi :
1. Entrepreneur / Kewirausahaan
2. Disturbance Handler / Penyelesai Permasalahan
3. Resource Allicator / Pengalokasi Sumber Daya
4. Negotiator / Negosiator
Organisasi
Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Bentuk - bentuk Organisasi
1. Bentuk Organisasi Garis
2. Bentuk Organisasi Fungsional
3. Bentuk Organisasi Garis dan Staf
4. Bentuk Organisasi fungsional dan Staf
Prinsip - prinsip Organisasi :
- - Perumusan tujuan yang jelas
- - Pembagian fisik
- - Disiplin
- - Kesatuan komando
- - Kesatuan arah
- - Mendahulukan kepentingan umum di atas
kepentingan individu
- - Remunarasi
- - Sentralisasi
- - Rantai scalar
- - Tata tertib
- - Keadilan
- - Stabilitas masa kerja para pegawai
- - Inisiatif
- - Esprit de corps
Manajemen dan Tata Kerja
Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia dan amat di perlukan dapat di manfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat.
Pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya di tunjukkan untuk :
Menghindari terjadinya pemborosan di dalam pendayagunaan sumber-sumber
dan waktu yang terjadi
Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam peroses
pencapaian tujuan
Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat
Jadi hubungan antara manajemen dan tata kerja adalah :
Manajemen : menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang di perlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
Tata kerja : menjelaskan bagaimana proses kegiatan ini harus di laksanakan sesuai dengan sumber-sember dan waktu yang tersedia.
Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja
Hubungan Timbal Balik Antara Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja (Metode) :
Jika ada manajemen, organisasi dan metodenya dilakukan dengan kerjasama yang baik, pemanfaatan sumber-sumber dan waktu yang ada dapat dilakukan secara tepat dan lebih terordinir sesuai dengan proses kegiatan yang ditetapkan maka untuk mencapai tujuan akan dapat hasil yang lebih efsien dan efektif serta lebih maksimal. Karena ketiganya jika dilakukan sesuai dengan tugasnya maka hubungan timbal balik itu akan saling menguntungkan untuk ketiganya.
Eratnya hubungan atau hubungan timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut:
Manajemen : proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar
manusia.
Organisasi : alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi
pengelompokkan kerja sama.
Tata Kerja : pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut
harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Dari konsep tersebut, jelaslah bahwa baik manajemen, organisasi maupun
tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan.
Tujuan saya mempelajari teori organisasi umum adalah agar saya bisa mengetahui lebih lanjut dan lebih dalam apa yang dimaksud dengan organisasi itu sendiri. Selain itu saya juga bisa mengetahui struktur-struktur yang terdapat di dalam organisasi yang biasanya berada di sekitar masyarakat. Ber-organisasi juga termasuk kegiatan positif dalam bermasyarakat karena dimana didalamnya terdapat peranan sosial yang sangat tinggi, oleh sebab itu tidak ada salahnya kita mengikuti atau mempelajari pelajaran ini.
Tujuan saya mempelajari teori organisasi umum adalah agar saya bisa mengetahui lebih lanjut dan lebih dalam apa yang dimaksud dengan organisasi itu sendiri. Selain itu saya juga bisa mengetahui struktur-struktur yang terdapat di dalam organisasi yang biasanya berada di sekitar masyarakat. Ber-organisasi juga termasuk kegiatan positif dalam bermasyarakat karena dimana didalamnya terdapat peranan sosial yang sangat tinggi, oleh sebab itu tidak ada salahnya kita mengikuti atau mempelajari pelajaran ini.
Referensi:
http://carapedia.com/pengertian_definisi_organisasi_menurut_para_ahli_info484.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
http://carapedia.com/pengertian_definisi_organisasi_menurut_para_ahli_info484.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar